Manfaat Tersembunyi Essential Oil Peppermint

Peppermint merupakan salah satu oil favoritku yang selalu aku bawa tiap aku pergi. Baunya enak dan segar. oil andalan banged ketika aku merasa lelah, dan mulai pusing di perjalanan jauh. Kebetulan aku emang suka pergi-pergi kesana kemari, tapi kadang suka mabuk perjalanan😆. Makanya aku selalu sedia peppermint di tas. Si peppermint ini emang topcer banged menurutku, pernah suatu ketika perutku sakit banged kayak tanda-tanda mau maag gitu, langsung ngefek ke kepala jd pusing saat itu. langsung capcus aku olesin si peppermint ke perut, punggung, pelipis, dahi, dan tengkuk. 1 jam kemudian berasa enakan dan malah bikin jadi pules bobo😁

Kalau dari sumber buku yang aku baca "Essential Oils Desk Reference" tertulis kalau peppermint tergolong sebagai herbs tertua yang dipercaya dapat meringankan berbagai masalah pencernaan. Jean Valnet, MD mempelajari bahwa peppermint bisa mempengaruhi liver dan sistem respirator. Alan Hirsch, MD, menemukan peppermint memiliki kemampuan secara langsung dapat mempengaruhi ventromedial nucleus of the hypothalamus yang merupakan bagian otak yang berperan dalam mengatur nafsu makan. Maka dari itu tak heran jika setelah mengkonsumsi peppermint menimbulkan rasa kenyang. Peppermint merupakan salah satu dari Weight Loss Trio Essential Oil (Lemon, Grapefruit, Peppermint) yang efektif dalam menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Peppermint ini bersifat anti-inflammasi, antitumoral, antiparasit, antibacterial, antiviral, antifungal, gallbladder/digestive stimulant, pereda rasa sakit, menekan nafsu makan. Manfaatnya, yakni:
  • Mengurangi sakit radang sendi/rematik
  • Meredakan infeksi pernafasan (Pneumonia, tuberkulosis, dll)
  • Mengurangi obesitas
  • Meredakan infeksi pernafasan oleh virus (herpes simplex, herpes zoster, HPV, dll)
  • Mendukung kesehatan pencernaan ( mengurangi kembung, dan mual)
  • Meredakan rasa sakit kepala
  • Mendukung kesehatan kulit ( eksim/eczema, gatal, varises, psoriasis, dermatitis)
  • Meredakan sakit punggung (skoliosis)
  • Mendukung kesehatan pernafasan
  • Meningkatkan konsentrasi
Terus cara pakainya gimana ? cara pakainya tergantung kebutuhanmu, dan kondisi tubuhmu lagi gimana. Berikut aku rangkumin beberapa cara penggunaan EO Peppermint, biar gak bingung kan ya cara pakainya😗

  1. Untuk konsentrasi : hirup atau diffuse peppermint disaat membutuhkan kondisi fokus dan konsentrasi saat sedang belajar atau menyetir.
  2. Untuk pegal-pegal/kelelahan : dilute/encerkan 2-3 tetes peppermint dengan 1 sdm carier oil (V6), oleskan di area tubuh yang pegal, seperti leher, punggung, pinggang, betis, dan otot.
  3. Mual/pusing/morning sickness: dilute 1-2 tetes peppermint dengan 1 sdt carier oil (V6/EVOO/VCO), oleskan peppermint pada leher, belakang telinga, pelipis, dahi, dan perut. Hirup dalam-dalam aromanya. Gunakan sesering mungkin saat diperlukan.
  4. Diet : masing-masing 3 tetes EO peppermint, lemon, dan grapefruit dimasukkan ke dalam vegetable capsul. Konsumsi sebelum/sesudah makan.
  5. Kaki bengkak : dilute/encerkan 2-3 tetes peppermint dengan 1 sdm carier oil (V6/VCO/EVOO), oleskan pada kaki sambil dipijat-pijat lembut. Oleskan sesering mungkin.
  6. Demam (bayi/anak) : peppermint dioleskan secukupnya ditelapak kaki, pusar sambil dipijat memutar searah jarum jam, dan sepanjang tulang spinal. Oleskan sesering mungkin sampai demam mereda.
  7. Menambah semangat dan energi : Oleskan 1 tetes pepermint pada tengkuk, pergelangan tangan, dan telapak kaki, serta 1 tetes di ubun-ubun sambil dipijat lembut. Lalu hirup aromanya dalam-dalam.
  8. Flu/Influenza : Oleskan pada dada, punggung, tenggorokan, area sinus dan telapak kaki. Lalu hirup aromanya secara langsung atau menggunakan diffuser.
  9. Gatal (gigitan serangga) : oleskan langsung ke tempat yang bermasalah. Ulangi 15-30 menit atau seperlunya.
  10. Haid/nyeri haid : oleskan peppermint secukupnya diperut dan diperut bawah, punggung bawah, daerah kemaluan, dan pundak. Ulangi sesering mungkin.
  11. Perut kembung : Oleskan langsung ke bagian perut. Pijat memutar searah jarum jam, dan oleskan di telapak kaki. Minum 1-2 tetes.
  12. Penyegar udara ruangan : tetes 1-2 tetes peppermint pada kapas, lalu selipkan ke lubang AC.
  13. Mengurangi rasa sakit Maag : oleskan langsung pada perut, pijat memutar searah jarum jam, oleskan pada telapak kaki. Ulangi sesering mungkin. Minum 2-3 tetes atau lebih, terutama saat kondisi sedang puncak.
  14. Rambut gatal : campurkan 1-2 tetes peppermint pada shampo, atau langsung dioleskan pada bagian kulit rambut yang bermasalah sambil dipijat dengan lembut. Ulangi seperlunya.

Ingin bergabung menjadi bagian keluarga Essential Oil Young Living? silahkan WA di 082326237256

Comments

Popular Posts